![]() |
Logo CNG |
CNG diproduksi dengan cara menaikkan tekanan gas alam (natural gas) atau di Indonesia populer disebut sebagai gas PGN dari sekitar 15 barg (tekanan pipa PGN) menjadi 250 barg dan disalurkan ke dalam silinder penyimpanan gas. Otomatis, semakin tinggi tekanan, semakin banyak gas yang dapat diangkut dengan volume silinder yang sama. Selanjutnya, silinder-silinder penyimpanan gas tersebut yang didistribusikan (aplikasi CNG untuk bahan bakar industri) atau silinder tersebut dipasang pada kendaraan. Pada aplikasinya di bidang transportasi, CNG dipakai sebagai pengganti bahan bakar minyak seperti bensin dan solar, Meskipun diperlukan modifikasi pada mesin dengan penambahan converter kit dan silinder CNG. Di Indonesia sendiri, CNG sudah mulai dipakai sebagai bahan bakar Busway Transjakarta dan bahan bakar truk pengangkut CNG (aplikasi Industrial).
![]() |
Bus Transjakarta menggunakan BBG yakni CNG. Images source: okezone.tv |
1. Tidak mengandung timbal. Timbal selain dikenal beracun, juga dapat menyebabkan busi (spark plug) pada mesin mengalami fouling sehingga menurunkan performanya. Dengan menggunakan CNG, umur pakai busi menjadi lebih lama.
2. Pada umumnya biaya perawatan kendaraan dengan bahan bakar CNG lebih murah dibandingkan dengan kendaraan BBM.
3. Sistem pada tangki CNG umumnya terdapat valve sehingga saat tidak digunakan, valve otomatis tertutup dan mencegah kebocoran gas.
4. Periode penggantian oli mesin pada kendaraan CNG lebih panjang karena CNG tidak mengkontaminasi oli mesin.
5. Karena berupa gas, maka CNG tercampur secara mudah dan merata pada mesin kendaraan.
6. Polusi kendaraan CNG relatif lebih sedikit.
7. Polusi Karbon Monoksida (CO) lebih sedikit karena sifatnya yang mudah tercampur dengan udara, CNG menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna.
8. Harganya jauh lebih murah daripada Bahan Bakar Minyak, bahkan masih lebih murah daripada LPG.
![]() |
Terlihat tabung CNG tipe 2 pada mobil dengan dual fuel (Bensin dan CNG). Images: dok pribadi |
![]() |
Converter kit pada mobil dual fuel (terdapat pressure gauge, sebelah tengah atas). Images : dok pribadi |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar